INVET NEW PIN BBM D650F20B

Berapa Biaya Yang Diperlukan Untuk Operasi Wasir?

Operasi Wasir
Berapa Biaya Yang Diperlukan Untuk Operasi Wasir? Terapi wasir ditentukan dari derajat keparahan wasir sendiri. Pada derajat 1 dan 2 pengobatan dengan obat obatan dan perubahan pola hidup dan makan masih bisa mengurangi keluhan namun untuk derajat 3 dan 4 maka tindakan operasi akan diperlukan.
  • Grade 1 Gejala yang sering dikeluhkan adalah perdarahan saat buang air besar, menetes dan berwarna merah segar. Pada grade 1 bisa ditangani dengan obat oles, obat minum, obat yang dimasukkan ke dubur untuk mengurangi gejala disertai dengan perubahan pola diet.
  • Grade 2 Terdapat benjolan yang biasa keluar saat bab/ mengedan kuat dan akan masuk sendiri saat bab / mengedan diberhentikan. Pengobatan bisa dengan perubahan pola diit , pola hidup dan beberapa jenis obat khusus baik yang diminum maupun obat yang dimasukkan ke dalam dubur.
  • Grade 3 Terdapat benjolan yang akan keluar dari dubur setiap bab/ mengedan dan tidak bisa masuk dengan sendirinya. Namun masih bisa didorong masuk tanpa penyulit/ rasa nyeri. Pada tahap ini tidak bisa menggunakan obat obatan. Dibutuhkan tindakan yang lebih invasif seperti pengikatan dan injeksi sklerosan melalui tindakan operasi ringan oleh dokter ahli bedah.
  • Grade 4 Pada tahap ini benjolan akan keluar tiba tiba dan tidak bisa didorong masuk kembali bahkan dengan bantuan. Pasien akan mengeluh nyeri walaupun tidak sedang dalam kondisi meneran. Tahap ini membutuhkan tindakan operatif segera. Jika Anda mengalami konstipasi maka perbanyaklah sayuran dan buah, minum banyak air putih dan olahraga untuk memperlancara BAB Anda, hindari meneran terlalu kuat dan lama yang bisa memperparah kondisi wasir Anda. Pemberian obat pada wasir grade 3 tidak bisa memperkecil benjolan namun injeksi sklerosan pada bagian benjolan akan memperkecil benjolan.
Operasi akan disarankan jika pengobatan dan penanganan lain untuk wasir atau hemoroid telah dicoba dan tidak berhasil. Operasi juga bisa dilakukan jika hemoroid tidak cocok untuk pengobatan tanpa operasi. Baca juga info Ambeien Internal dan Eksternal

Jika belum terlalu parah, wasir bisa diatasi dengan langkah pelunakkan feses melalui peningkatkan kadar air dan lemak dalam feses. Setelah itu, untuk mengurangi peradangan bisa diberikan salep atau obat yang dimasukkan ke dalam anus.

Ada pula obat yang mengandung astringent untuk mengecilkan jaringan yang membengkak. Sedangkan steroid dosis rendah diberikan untuk mengurangi peradangan.

Jika wasir sudah parah dan harus dioperasi, jangan khawatir. Ketimbang sakit terus-menerus, terkadang operasi menjadi jalan untuk mengatasinya. Berapa biayanya? Cek di infografis berikut ini.


Berapa Biaya Yang Diperlukan Untuk Operasi Wasir?